" Welcome To *** yohan weers Blog's ***. . ."

Minggu, 18 April 2010

Belajar Hidup Sehat Lewat Permainan

Belajar Hidup Sehat Lewat Permainan

Permainan Audio Visual
Selain sayuran, makan buah-buahan juga bagus untuk kesehatan lho. Misalnya makan jeruk, apel, anggur, pisang, tomat dan masih banyak lagi buah-buahan yang bisa adik-adik konsumsi. Dan semua itu mengandung banyak sekali vitamin yang cocok untuk tubuh kita.
Adik-adik juga bisa milih sayuran ketika ikut Mama belanja ke pasar. Misalnya kalau pas Mama belanja, adik-adik bisa ikut memilih sayur apa yang nantinya harus dimasak oleh Mama.
Atau dengan cara yang lain adalah ikut belanja Mama di supermarket sambil bertanya makanan apa saja yang bergizi. “Dengan begitu adik-adik akan lebih banyak mengenal sayuran dan makanan bergizi.
Cara yang lain adalah dengan permainan audio visual. Misal adik misa menonton acara televisi yang memberikan edukasi tentang hidup sehat. Sebagai contoh adalah Dora The Explorer.
Selain itu juga bisa dilakukan dengan mewarnai buku bergambar buah, atau membentuk buah dari tanah liat atau lilin aneka warna. Bisa juga dengan cara menempel aneka gambar bahan makanan ke sebuah buku khusus.
Karena dari situ adik-adik bisa mengenal berbagai jenis buah, sayur, susu, daging, karbohidrat, sereal, lemak, minyak, dan protein. Permainan kertas gambar semacam ini akan membantu adik-adik mengingat dan menanamkan komitmen makanan sehat sedini mungkin.

Peran Orangtua
Adik-adik, belajar hidup sehat membutuhkan peran orangtua. Ketika belum memasuki masa sekolah, maka orangtua memiliki peran penting di dalamnya. Namun ketika anak sudah memasuki bangku sekolah, orangtua juga tetap memberikan pembelajaran terhadap anaknya.
Mengajarkan anak untuk memiliki kebiasaan hidup sehat tak cukup hanya lewat nasihat. Namun orangtua juga perlu menjadikan teladan untuk si kecil. Selain itu yang tak kalah pentingnya adalah meciptakan model pembelajaran agar anak tertarik. “Anak itu akan meniru apa yang dilihat di sekelilingnya,” tutur Milla kepada Joglosemar beberapa waktu yang lalu.
Ketika orangtua mengalami kesulitan ketika anaknya susah untuk mengonsumsi sayuran dan buah maka orangtua tidak perlu berkecil hati. Banyak cara yang dapat digunakan untuk membuat anak untuk suka makan makanan yang sehat.
Sehingga orangtua harus pandai-pandai dalam membuat anak untuk tertarik mengonsumsi makanan. Misalnya dengan mengajak anak untuk menentukan menu harian. Selain itu orangtua juga harus berusaha untuk menjelaskan manfaat makanan terhadap anak.

sumber : http://harianjoglosemar.com/berita/belajar-hidup-sehat-lewat-permainan-11812.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar